Penggunaan Kopling yang Benar
Agar kopling dapat berfungsi dengan sempurna serta tidak gampang mengalami
kerusakan, maka berikut ini adalah tahapan penggunaan kopling yang
duanjurkan
Jika menginjak pedal kompling, maka tekanlah pedal kopling sepenuhnya.
Tujuannya adalah agar roda gila (flywheel) dan pelat/piringan kopling
(clutch plate) dapat terpisah secara sempurna, sehingga dapat memudahkan
dalam memindahkan tuas transmisi.
Ketika sedang menginjak pelat kopling, secara sempurna, pindahkan tuas
transmisi
Setelah memindahkan tuas transmisi, selanjutnya bebaskan injakan kopling
secara perlahan diselaraskan dengan injakan pedal gas agar kendaraan
dapat berjalan dengan halus dan tidak membuat kendaraan meloncat.
Penggunaan Kopling yang salah
Kita seringkali menggunakan kopling degan salah, yang ujung-ujungnya
berbuntu pengeluaran/biaya maintenance yang tinggi.
Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang salah ketika menggunakan kpling
Meletakkan kaki pada pedal kopling selama kendaraan berjalan. Hal ini
dapat mempercepat keausanpada release bearing dan pelat/piringan kopling
Menahan setengah kopling saat mobil antri di tanjakan. Hail ini dapat
mempercepat kerusakan sistem kopling. Mesin pun sering terasa bergetar
sehingga membuat fungsi karet penahan mesin (engine mounting) juga dapat
terganggu. Sebaiknya gunakan rem tangan untuk menahan kendaraan ketika
sedang antri di tanjakan.
Menginjak dan melepas kopling secara kasar. Bila dilakukan dengancara
yang kasar maka sentukan pelat kopling terhadap roda gila (flywheel)
akan terasa lebih keras, hal ini akan mempercepat keausan sistem
kopling.
Tips Merawat Kopling
Melakukan pengecekan dan perawatan kopling secara rutin.
Gunakan selalau gigi satu untuk start awal kendaraan, karena jika
menggunakan gigi diatasnya, kopling akan dibebani secara berlebihan dan
mempercepat keausan
Netralkan tuas transmisi jika berhenti, contoh, di lampu merah. (Bagaimana
pada saat mesin mati, misalnya parkir? komment dong)
Masalah Umum yang terjadi pada kopling
1 Kopling Selip
Akibar dari kopling selip, kendaraan tidak dapat berjalan, kurang
tenaga, dan dapat menyebabkan boros bahan bakar, hal ini disebabkan
tenaga mesin tidak tersalurkan ke sistem penggerak (transmisi) karena
piringan kopling sudah aus.
2. Kopling Jeblos/DOL
Akibat dari kopling jeblos, tuas transmisi tidak dapat/susah
dipindahkan, hal ini disebabkan tidak dapat terpisahnya piringan kopling
dengan mesinkarena tanaga yang disalurkan dari pedal tidak mampu
diteruskan ke sistem kopling. Kable kopling yang putus, selinder bocor,
dan matahari yang rusak merupakan beberapa hal yang membuat tenaga dari
pedal tidak dapat diteruskan ke sistem kopling.
3. Kopling Lengket
Akibat dari kopling lengket, tuas transmisi tidak dapat/susah
dipindahkan karena tidak terpisahnya pelat kopling dengan mesin akibat
pelat kopling lengket. Penyebab kopling lengket karena air atau lumpur
yang masuk ke area sistem kopling.
Perhatian
Jika pada saat menggunakan kopling tercium bau terbakar, disarankan segera
menghentikan kendaraan dan parkir terlebih dahulu, karena indikasi tersebut
menunjukkan bahwa terjadi panas tinggi pada kopling. Hal ini dapat
mengakibatkan kerusakan pada sistem kopling.
______________________________________________________________________
This email has been scanned by the MessageLabs Email Security System.
For more information please visit http://www.messagelabs.com/email
______________________________________________________________________
No comments:
Post a Comment