Thursday, July 21, 2011

Bunyi di Bagian Kanan

Hari ini saya merasa kecewa dengan bengkel langganan saya.
Betapa tidak, mobil katana saya, ada yang bunyi di bagian sebelah kanan sejak 2 hari yang lalu.
Karena khawatir ada masalah ketika dipakai dijalan, akhirnya saya bawa ke bengkel "99 Motor" di Ruko Kuning Cikarang.

Sesampai disana, saya infokan masalahnya, dan kemudian dia coba start
Yg ounya bengkel langsung menginfokan bawah ada masalah di bagian timing belt.
Ia kemudian memanggil tehnisis seniornya, dan membenarkan "bos"nya.

Saya OK saja, karena selama ini, setelah sering diperdayai / dikerjai oleh bengkel yang lain, 99 motor ini menjadi bengkel langganan saya.

Karena untuk menggantinya, butuh mebongkar radiator, mubuka fan-nya kemudian mengganti "bearing" yang ada didalam.

Ketika saya amati, bearing tersebut seharusnya tidak ada masalah, tapi bengkel yakin masalah di bearing itu dan diganti.
Saya menunggu lebih dari 3 jam untuk penggantian, karena juga menunggu mesin dingin.

Singkat kata, sudah diganti, tapi ternyata ketika pulang, bunyi yang saya "takutkan" masih ada.
Jadi, saya kemudian berpikiran, bengkel asal tebak dan asal ganti....???

Yg diganti sebagai berikut:
- Stationer timing belt, Rp 105.000
- Belt karet (karena katanya ada cacatnya), Rp 25.000
- Air carburator (karena karburatornya di bingkar, otomatis airnya dikuras), Rp. 35.000
- Jasa bingkar pasang, Rp. 100.000
- Saya juga ngasih tip Rp 10.000 + 30.000 untuk Senior yg kerjain mobil saya.

Disis lain, saya meminta automatis untuk jendela mobil saya diperbaiki, tapi tehnisi yang tangani tidak bisa perbaiki, malah di star-stop berulang kali.
Dan ketika senior tehnisisny memperbaikinya, dia berkesimpulan, motor penggerak kacanya terbakar karena sudah panas (di start-stop oleh tehnisi yang baru)
Dan untuk menggantinya, sekitar Rp 300.000 denngan biasay bongkar pasang.

WOW..... Padahal, seminggu sebelumnya, saya tune up di bengkel ini (posting sebelumnya)


No comments:

Post a Comment